Berita

Pembinaan Moderasi Beragama Untuk Kepala TPQ dan MDTA se Kota Padang Panjang

Kamis, 11 Juli 2024 15:17 WIB
  • Share this on:

Padang Panjang, Humas_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Alizar Datuak Sindo Nan Tungga, didampingi Kasi Pendidikan Diniyyah dan Pondok Pesantren (Pendi Pontren) H. Syaiful Arifin menggelar pembinaan untuk Kepala TPQ dan MDTA se Kota Padang Panjang, Kamis (11/07/2024).


Pembinaan terkait dengan pemantapan Moderasi Beragama. Sembari mengutip Al-Qur'an Surah Al Maidah Ayat 87, Kakankemenag dalam sambutannya menyampaikan bahwa kita tidak boleh mengharamkan yang Allah halalkan dan jangan melampaui batas.

QS Al-Ma'idah : 87

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُحَرِّمُوْا طَيِّبٰتِ مَاۤ اَحَلَّ اللّٰهُ لَـكُمْ وَلَا تَعْتَدُوْاۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِيْنَ

yā ayyuhallażīna āmanụ lā tuḥarrimụ ṭayyibāti mā aḥallallāhu lakum wa lā ta'tadụ, innallāha lā yuḥibbul-mu'tadīn

Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengharamkan apa yang baik yang telah dihalalkan Allah kepadamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.

Selain pembinaan Moderasi Beragama, pada kesempatan ini juga dilaksanakan rapat koordinasi pematangan persiapan khatam Al-Quran bersama di Kota Padang Panjang.

Sebanyak 236 peserta Khatam dari TPQ/MDTA se-Kota Padang Panjang akan mengikuti kegiatan Khatam Al-Qur'an serentak pada 20-21 Juli mendatang.

Hal ini disampaikan Kabag Kesra Setdako Erwina Agreni saat mengikuti rapat koordinasi pematangan persiapan Khatam Al-Qur'an serentak.


Ia menyampaikan kepada seluruh pengurus dan kepala TPQ/MDTA yang hadir untuk mempersiapkan kegiatan ini sebaik-baiknya. "Pemko menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung kegiatan ini. Seperti konsumsi, honor juri, tenda dan dekorasi serta cetak ijazah Khatam," ujarnya.


Ia juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan semangat belajar dan menghafal Al-Qur'an bagi anak-anak di Kota Padang Panjang. 


Kegiatan Khatam Al-Qur'an akan diawali dengan pawai bersama. Dimulai dari Lapangan Anas Kharim dan finish di Lapangan Bancalaweh.

Pembinaan sekaligus rakor ini, dilaksanakan di ruang PLHUT Padang Panjang, dihadiri pihak undangan terkait dari Kesra Setdako, FKTPQ, FKDT, FKLDS, TPQ, MDTA dan undangan lainnya. (Adi)
 

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -